KEGIATAN KEMENPERIN

Wisuda Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta


 

Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta mewisuda sebanyak 470 lulusan yang terdiri dari 419 orang program D3 reguler, 25 orang program D1 logistik, dan 26 orang program beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL).

 

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat memberikan sambutan di hadapan para lulusan Politeknik APP Tahun 2015. “Saya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada 182 lulusan program D3 reguler yang telah bekerja,” kata Sekjen di Jakarta, Selasa (3/11).

 

Selain itu, keseluruhan lulusan D1 logistik telah mendapatkan penempatan kerja melalui ASPERINDO serta lulusan TPL telah melaksanakan kontrak kerja dengan Ditjen IKM untuk membina sentra IKM. “Diharapkan ke depan para lulusan TPL menjadi wirausaha di daerahnya masing-masing,” ujar Sekjen.

 

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2015 sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian telah diamanatkan upaya pembangunan tenaga kerja industri. Langkah-langkah yang akan dilakukan, yaitu melalui: (1) pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi; (2) pelatihan industri berbasis kompetensi; (3) pemagangan industri; dan (4) sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja dan calon tenaga kerja industri.

 

Visi Kemenperin dalam hal ini, antara lain: (1) Menjadi pelopor dan best practice pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi yang link and match dengan dunia usaha industri; (2) Mengembangkan satu spesialisasi yang menjadi ikon, seperti Politeknik APP Jakarta dengan spesialisasi manajemen logistik; (3) Mampu membangun persepsi dan pandangan masyarakat bahwa pendidikan vokasi industri merupakan pendidikan yang menjadi pilihan utama serta memberikan jaminan kerja bagi lulusannya; (4) Meningkatkan jenjang pendidikan, seperti di Politeknik APP Jakarta yang saat ini menjalankan program Diploma 3 akan meningkat menjadi Diploma 4; serta (5) Harus memiliki unit inkubator bisnis yang handal dan terpecaya dalam menghasilkan wirausaha industri.    

 

“Untuk mewujudkan visi tersebut, diperlukan dukungan tenaga pengajar yang kompeten dan profesional. Selama ini Pusdiklat Industri telah memfasilitasi para dosen di seluruh Politeknik Kemenperin untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang S3,” tegas Sekjen. Tidak hanya itu, Pusdiklat Industri telah memfasilitasi kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah pada jurnal internasional, sehingga diharapkan dapat menghasilkan guru besar (profesor) dari politeknik di lingkungan Kementerian Perindustrian. 


 

 

Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM